Posted by : Zakky Selasa, 02 Juli 2013



MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER





M.Muzakky Al-faruq







Wasail Ta’lim al-lughah al-Arabiyah










Ò=»tGÏ. ôMn=Å_Áèù ¼çmçG»tƒ#uä $ºR#uäöè% $|Î/ttã 5Qöqs)Ïj9 tbqßJn=ôètƒ ÇÌÈ   #ZŽÏ±o0 #\ƒÉtRur uÚtôãr'sù öNèdçŽsYò2r& ôMßgsù Ÿw tbqãèyJó¡o ÇÍÈ
  pembelajaran di sekolah saat ini mulai disesuaikan dengan perkembangan
teknologi informasi, sehingga terjadi  perubahan dan pergeseran paradigma pendidikan. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi khususnya internet, mempercepat aliran ilmu pengetahuan yang menembus batas-batas dimensi ruang, birokrasi, kemapanan, dan waktu. Program-program di internet bukan hanya menampilkan data dan informasi yang dapat ditransmisikan dengan kecepatan tinggi, tetapi juga ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara cepat oleh penggunanya. Dan tentu saja kondisi ini berpengaruh pada kebiasaan dan budaya pendidikan yang dikelola selama ini                                                   
Kata media berasal dari bahasa latin yaitu medius yang secara harfiah berarti “tengah”, “perantara”, atau “pengantar”. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara () atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Menurut Gerlach dan Ely (1971), media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Sehingga guru, buku teks dan lingkungan sekolah marupakan media.
Fleming (1987: 234) menyatakan media berfungsi untuk mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak yaitu siswa dan isi pelajaran.
Hainich dan kawan-kawan (1982) mengemukakan istilah media sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.

Kesimpulannya, media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

Oleh karena itu Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran menurut Gagne dan Briggs (1975) media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar), foto, gambar, grafik, televisi dan computer.
Kata teknologi berasal dari istilah teckne yang berarti sebagai seni (art) atau keterampilan (skill). Pada hakikatnya teknologi merupakan penerapan ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas-tugas praktis (Galbraith dalam AECT 1977). Pengertian teknologi sebagai kumpulan pengetahuan, melengkapi pengertian teknologi sebagai barang buatan yang ditujukan untuk mendukung kegiatan manusia agar lebih efisien dan bertujuan. Artinya, teknologi dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Selain itu, teknologi tidak bisa dipisahkan dari masalah, karena pada hakikatnya  teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh umat manusia.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.
Pentingnya Media Dalam Pengajaran Bahasa Arab
Penggunaan media dalam pengajaran bahasa Arab bertitik tolak dari teori yang mengatakan bahwa totalitas persentase banyaknya ilmu pengetahuan, ketrampilam, dan sikap yang dimiliki oleh seorang terbanyak dan tertinggi melalui indra lihat dan pengalaman langsung melakukan sendiri, sedangkan selebihnya melalui indra dengar dan indra lainnya. Media merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Karena itu media menjadi bagian integral dari keseluruhan proses pengembangan pelajaran.
Pengembangan merupakan suatu keharusan dalam dunia pembelajaran, karena sebagai bagian dari teknologi pendidikan, media senantiasa mengalami perkembangan dan kemajuan. Namun demikian, pengembangan media bukanlah persoalan mudah apalagi untuk mengefektifkan pembelajaran bahasa Arab. Betapapun canggihnya media yang dipilih dan digunakan bukan dimaksudkan pengganti guru karena keberadaannnya tidak akan berarti tanpa guru. Selain itu pemilihan media yang efektif dan efisien, isi dan tujuan pelajaran haruslah sesuai dengan karakteristik media tertentu
Urgensi media dalam pengajaran bahasa adalah :
a.       Berdasarkan pendapat Soenjoyo Dirjo Soemarto, bahwasanya totalitas presentase banyaknya ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki seseorang yang terbanyak dan tertiggi adalah melalui indra penglihatan dan pengalaman langsung atau praktek, baru kemudian indra pendengaran dan indra lainnya
b.      Menurut John M. Lannon, fungsi dari media dalam pengajaran bahasa arab adalah :
1.    Untuk menarik minat siswa.
2.    Untuk Meningkatkan pengertian siswa.
3.    Untuk Memberikan data yang kuat atau terpercaya.
4.    Untuk Memadatkan informasi.
5.    Untuk Memudahkan menafsirkan data.
c.       Menurut Mudjiono, media pengajaran mampu membangkitkan motivasi belajar serta memberikan stimulus bagi kemauan belajar, karena media pengajaran berpengaruh besar dalam memberikan kesan bagi siswa-i melalui indra penglihatan siswa-i dan lebih memudahkan pemahaman siswa
d.      Menurut Dr. Abdul ‘Alim Ibrahim, Media pengajaran sangatlah penting, karena dapat membangkitkan rasa senang dan gembira para siswa-i serta mampu memperbaharui semangat belajar siswa-i, sehingga dapat menyebabkan rasa senang untuk datang ke sekolah dan dapat memantapkan pengetahuan di benak para siswa-i serta dapat menghidupkan suasana kegiatan belajar mengajar.

e.       Menurut Arif, secara umum media pembelajaran berfungsi sebagai :
1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistik atau dalam bentuk kata tertulis dan lisan saja.
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Seperti : Obyek terlalu besar, obyek terlalu kecil, gerak terlalu lambat, gerak terlalu cepat, kejadian dimasa lampau dan obyek yang kompleks.
3.      Dapat mengatasi sifat pasif siswa-i secara tepat dan variatif, karena terdapat interaksi langsung antara siswa-i dan media.

Dalam menggunakan media pembelajaran, hendaknya guru memperhatikan sejumlah prinsip atau dasar-dasar tertentu agar penggunaan media dapat mencapai hasil yang baik dalam pembelajaran. Diantaranya yaitu:
1.   Menentukan jenis media pembelajaran  dengan tepat, artinya sebaiknya guru memilih terlebih dahulu alat peraga manakah yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran yang hendak diajarkan.
2.   Menetapkan atau memeperhitungkan subjek dengan tepat, artinya perlu diperhitungkan apakah penggunaan alat peraga itu sesuai dengan tingkat kematangan atau kemampuan anak didik.
3.   Menyajikan media pembelajaran dengan tepat, artinya teknik dan metode penggunaan alat peraga dalam pembelajaran haruslah disesuaikan dengan tujuan, bahan, metode, waktu, dan sarana yang ada.
4.   Menepatkan atau memperlihatkan alat peraga pada waktu, tempat, dan situasi yang tepat. Artinya, kapan dan dalam situasi mana pada waktu mengajar alat peraga digunakan. Tentu tidak setiap saat atau selama proses mengajar terus-menerus memperlihatkan atau menjelaskan sesuatu dengan media pembelajaran.
5.    Harus diketahui dengan jelas media itu dipilih untuk tujuan apa.
6.   Pemilihan media harus secara objektif, bukan semata-mata didasarkan atas kesenangan guru atau sekedar sebagai selingan atau hiburan. pemilihan media itu benar-benar didasarkan atas pertimbangan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa.
7.   Tidak ada satu pun media dipakai untuk mencapai semua tujuan. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya dipilih secara tepat dengan melihat kelebihan media untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu.
8.   Pemilihan media hendaknya disesuaikan dengan kondisi fisik lingkungan.
9.   Hendaknya memilih media yang sesuai dengan metode yang yang kita pergunakan.

Media pandang(visual) dibagi menjadi dua yaitu media pandang non proyeksi dan media pandang berproyeksi. Media non proyeksi merupakan media yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar, baik yang berkarakter dua dimensi maupun tiga dimensi dalam pengoperasiannya tidak memerlukan sinar listrik atau proyektor. Sedangkan media berproyeksi yaitu Media pandang proyeksi merupakan salah satu kelompok media pengajaran yang dalam operasionalisasinya memerlukan proyeksi atau penyorotan dengan cahaya, sehingga bisa dipandang atau dilihat oleh pengguna media tersebut. Ada beberapa media yang dapat dikatergorikan sebagai media pandang non –proyeksi, antara lain:
a)      Papan tulis
Papan tulis merupakan media yang paling tradisional, yang paling murah dan paling fleksibel, disamping untuk menulis, papan tulis dapat dipakai untuk membuat gambar, skema, diagram dan sebagainya. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menggantungkan peta pada saat yang diperukan. Daya guna dan daya pakai papan tulis sangat tergantung pada kreativitas guru.
b)      Papan flannel
Papan flanel adalah jenis papan yang permukaannya dilapisi dengan kain flanel. Keguanaannya untuk menempelkan program yang berupa gambar, skema, kartu kata, dan semacamnya. Papan flanel biasanya dipasang di dinding atau digantung di antara dua buah kayu di bagian atas dan bawah.
c)      Papan tali
Papan tali dapat dibuat dengan memasang tali-tali pada papan tulis biasa atau pada papan tripleks. Tali yang baik adalah kawat kecil. Tali-tali tersebut dikaitkan pada paku kecil yang lain yang dipasang pada tepi kanan dan kiri papan tersebut, sehingga merentang dari kiri ke kanan. Jarak tali yang satu dengan tali yang lain disesuaikan dengan besar kecilnya kartu yang akan digantug pada tali. Kartu-kartu tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga dengan mudah dapat disangkutkan pada tali, digeser dan dilepas kembali.
Berikut ini beberapa objek yang dikembangkan:
1.Perpustakaan dengan fasilitas internet, TV, VCD, dan yang lainnya.
Perpustakaan yang ada di madrasah sebenarnya disediakan untuk semua siswa dan mencakup semua materi pelajaran yang ada. Keberadaan perpustakaan ini kemudian dijadikan sebagai sarana sekaligus media pembelajaran, dengan memanfaatkan layanan internet gratis bagi siswa, TV 30 inc, VCD dan ruang baca (lesehan) yang cukup luas.
2.LCD proyektor
MTs tersebut memiliki dua LCD proyektor, keberadaan LCD ini bersifat umum. Artinya bisa digunakan dan diakses oleh semua guru maple. LCD ini diperbolehkan dibawa ke kelas, Lab computer, mushallah, atau ke perpustakaan. LCD proyektor ini juga masuk dalam daftar list guru bahasa Arab sebagai media yang membatu dalam pengembangan media berbasis ICT.
3.Laboratorium computer.
Sebagaimana yang saya sebutkan di atas bahwa Madrasah ini secara khusus tidak memiliki Lab Bahasa, baik untuk mapel bahasa Arab atau bahasa inggris. Sebenarnya pada tahun 1995 sudah dibangunkan Lab bahasa, namun karena Lab ini tidak diberdayakan secara maksimal oleh guru bahasa lebih dari 10 tahun, akhirnya pada tahun 2008 Lab tersebut di sulap menjadi regular hingga sekarang.

REFERENSI
http://der-traumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html
http://tugasku-4u.blogspot.com/2013/05/makalah-tentang-media-pembelajaran.html
http://ismail403.wordpress.com/2013/01/06/pengertian-media-pembelajaran/
http://yanstone-dhieramdhanies.blogspot.com/2013/02/makalah-konsep-umum-media-pembelajaran_1572.html
http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=08720025
http://linguistikarab.wordpress.com/2012/12/23/mengembangkan-media-pembelajaran-bahasa-arab-berbasis-ict/
http://anisyah27.blogspot.com/2013/04/memilih-media-pembelajaran-bahasa-arab_27.html
http://ruri-education-arce.blogspot.com/2010/10/pemanfaatan-teknologi-komputer-sebagai.html
http://rishelcha.blogspot.com/2012/07/pembelajaran-bahasa-arab-dengan-media.html
http://walidrahmanto.blogspot.com/2012/01/media-pembelajaran-bahasa-arab.html




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

zack ell farouQ. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

bermain denganQ yuk!!!

Blogger news

- Copyright © my story...!!! -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -